PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SOMETHINC

Main Article Content

Devina Indi Nabil Nabila
Sanita Dhakirah

Abstract

Pada tahun 2019, sebuah perusahaan perawatan kulit lokal baru bernama Something lahir. Konsumen memikirkan kehadiran media sosial dan reputasi merek perusahaan sebelum melakukan pembelian. Sebagai salah satu bentuk pemasaran media sosial, Instagram digunakan untuk meningkatkan profil dan visibilitas suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial dan citra merek Something terhadap pilihan konsumen. Metode kuantitatif digunakan untuk penelitian ini. Menyebarkan kuesioner kepada 120 peserta dan mendokumentasikan tanggapan mereka adalah teknik pengumpulan data. Simple random sampling digunakan sebagai metode seleksi. Analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Uji-t dan uji-F mengungkapkan hubungan positif dan signifikan secara statistik antara variabel pemasaran media sosial dan citra merek dengan hasil keputusan konsumen untuk membeli Sesuatu. Citra merek adalah koefisien 36,5 persen sedangkan pemasaran media sosial adalah 42,3 persen. Nilai dari adjusted R-squared adalah 42 persen, yang berarti bahwa 58 persen dari pengaruh tersebut dapat dikaitkan dengan faktor-faktor yang tidak diperhitungkan dalam analisis ini. Temuan penelitian ini akan memungkinkan Somethinc untuk mempromosikan produknya dengan lebih baik melalui media sosial dengan memposting materi yang lebih bermanfaat dan meningkatkan citra mereknya melalui penyelenggaraan seminar dan pameran secara rutin.

Article Details

How to Cite
Nabila, D. I. N., & Dhakirah, S. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SOMETHINC. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 193–199. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.4263
Section
Articles