DESAIN KONTEN INSTAGRAM DENGAN APLIKASI CANVA PRO SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENARIK MINAT BELI PADA TOKO TSUROYYA BAKERY MALANG

Main Article Content

Syifa Lazuardi Ferysa Putri
Heru Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media promosi Instagram dengan pembuatan desain konten Instagram menggunakan aplikasi Canva Pro, sehingga dapat dipublikasikan dan digunakan oleh Toko Tsuroyya Bakery sebagai media promosi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan melibatkan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, kuisoner dan observasi. Jumlah responden adalah 30 orang meliputi 2 ahli desain, 2 ahli pemasaran, owner dan 25 konsumen maupun calon konsumen. Pengukuran desain menggunakan metode EPIC, sedangkan pengukuran minat beli menggunakan model AIDA. Hasil penyebaran kuisoner dapat membuktikan bahwa desain konten Instagram sangat efektif untuk digunakan sebagai media promosi dan meningkatkan minat beli pada Toko Tsuroyya Bakery. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari EPIC Rate sebesar 4,18 dari ahli desain dan 4,72 dari ahli pemasaran, owner dan konsumen yang masuk dalam kategori sangat efektif dan presentase AIDA dengan nilai Attention 96,53 persen, Interest 96,53 persen, Desire 93,46 persen dan Action 93,46 persen yang masuk dalam kategori istimewa. Dapat disimpulkan bahwa desain konten Instagram Toko Tsuroyya Bakery sangat efektif dan layak untuk dipublikasikan, juga menarik minat beli.

Article Details

How to Cite
Putri, S. L. F. ., & Utomo, H. . (2022). DESAIN KONTEN INSTAGRAM DENGAN APLIKASI CANVA PRO SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENARIK MINAT BELI PADA TOKO TSUROYYA BAKERY MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 103–108. https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.430
Section
Articles