PEMBUATAN MEDIA PROMOSI DALAM BENTUK DESAIN FEEDS INSTAGRAM DENGAN MENGGUNAKAN CORELDRAW X7 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA UMKM PESEN MEDALI KOTA BATU

Main Article Content

Naufal Oktarizal Hilmi
Fathkur Rochman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten melalui pembuatan desain Feeds Instagram yang kreatif dan informatif menggunakan aplikasi CorelDRAW X7, sebagai media promosi untuk meningkatkan minat beli pada UMKM Pesen Medali Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian Action Research untuk mengetahui efektivitas desain dan efektivitas minat beli. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner, dengan jumlah sampel sebanyak 15 respoden. termasuk 2 ahli pemasaran, 2 ahli IT (Informasi dan Teknologi), pemilik usaha, dan 10 konsumen/calon konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Skala Likert, pengukuran efektivitas minat beli menggunakan AIDA, efektivitas desain menggunakan EPIC. Penelitian ini telah melalui dua siklus, siklus 1 menunjukkan bahwa desain Feeds Instagram masih kurang lengkap dan kurang meyakinkan calon konsumen, maka penelitian dilanjutkan dan berhenti di siklus 2. Pada siklus 2 setelah dilakukan beberapa perbaikan, maka mendapatkan hasil skor AIDA sebesar 88% (dari rentang 81 persen-100 persen) dan EPIC sebesar 4,2 (dari rentang 3,5-4,2). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa desain Feeds Instagram dikatakan sangat baik dan efektif digunakan untuk membantu mengembangkan dan memberikan media promosi alternatif UMKM Pesen Medali.

Article Details

How to Cite
Hilmi, N. O. ., & Rochman, F. . (2022). PEMBUATAN MEDIA PROMOSI DALAM BENTUK DESAIN FEEDS INSTAGRAM DENGAN MENGGUNAKAN CORELDRAW X7 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA UMKM PESEN MEDALI KOTA BATU. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.33795/jab.v8i2.458
Section
Articles