ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI UMKM DE STEAK SAWOJAJAR DAERAH MALANG
Main Article Content
Abstract
Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu sektor unggulan, bahkan jadi penopang utama perekonomian Indonesia. Mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi khususnya dikota Malang. Seperti halnya UMKM De Steak yang ikut meramaikan persaingan pasar. Dengan hasil koefisien determenasi Adjusted R Square yang diperoleh 0,497. Hal ini menunjukan bahwa kontribusi pengaruh variabel Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan sebesar 47,9 persen dan sisanya sebesar 52,1 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini juga diketahui hasil uji hipotesis parsial dari variabel Bauran Pemasaran memiliki nilai thitung > ttabel yakni 3,122 lebih dari 1,98472 dengan signifikan 0,012 kurang dari 0,05. Serta variabel Kualitas Layanan memiliki nilai thitung lebih dari t tabel yakni 2,572 lebih dari 1,98472 dengan signifikan 0,002 kurang dari 0,05. Hasil uji simultan dalam penelitian ini menunjukan bahwa nilai Fhitung lebih dari Ftabel yakni 46,496 lebih dari 3,09 dengan signifikan 0,000 kurang dari 0,05 maka ini berarti Bauran Pemasaran dan keputusan Pembelian secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa variabel bauran pemasaran dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian De Steak.