DESAIN E-CATALOG DI INSTAGRAM DENGAN MENGGUNAKAN CORELDRAW X7 SEBAGAI MEDIA IKLAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA WAROENG TEPI SAWAH KARANGPLOSO KAB. MALANG
Main Article Content
Abstract
Promosi di Waroeng Tepi Sawah adalah menggunakan word of mouth, banner yang hanya dipasang di depan Waroeng Tepi Sawah, dan media sosial Instagram. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan media iklan yang digunakan masih kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain e-catalog sebagai media iklan untuk meningkatkan minat beli pada Waroeng Tepi Sawah dengan menggunakan aplikasi CorelDraw X7. Penelitian ini menggunakan metode Action Research dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 15 responden yang terdiri dari pemilik, 2 ahli pemasaran, 2 ahli komputer, dan 10 calon pembeli. Pengukuran efektifitas pengembangan desain diukur dengan metode EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, Communication). Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa e-catalog Waroeng Tepi Sawah dikatakan sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan skor dimensi EPIC yang menyatakan bahwa hasil rata-rata dimensi
emphaty sebesar 4,4, dimensi persuasion sebesar 4,33, dimensi impact sebesar 4,5 dan dimensi communication sebesar 4,46. Sedangkan hasil EPIC Rate adalah 4,4. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain e-catalog yang dibuat sangat efektif untuk digunakan sebagai media iklan yang dapat meningkatkan minat beli di Waroeng Tepi Sawah.