ANALISIS PENGARUH VARIABEL PERATAAN LABA TERHADAP EKSPEKTASI KINERJA LABA MASA DEPAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2008

Authors

  • Achmad Fauzi Arifanto

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v5i1.302

Keywords:

Perataan Laba, Laba Bersih, Leverage, Total Aset, Ukuran Perusahaan, Discretionari Accrual

Abstract

Informasi laba merupakan komponen laporan keuangan perusahaan yang bertujuan untuk menilai kinerja manajemen, membantu  mengestimasi kemampuan  laba yang representatif dalam jangka panjang, meramalkan laba, menaksir resiko dalam berinvestasi. Hal ini disadari oleh manejem perusahaan, sehingga cenderung melakukan perilaku tak semestinya yaitu dengan melakukan praktik perataan laba. Dalam hal ini perusahaan manufaktur yang  dijadikan sorotan, karena perusahaan  manufaktur sebagai emiten terbesar dari seluruh perusahaan yang go public di Bursa Efek  Indonesia tentunya tidak bisa lepas dari praktik perataan laba. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara faktor perataan laba seperti laba bersih, leverage, total asset, ukuran perusahaan, dan  discretionary accrual  terhadap kinerja (laba) masa depan perusahaan.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelatif, yaitu mencari hubungan antara perataan laba (income  smoothing) dengan ekspektasi kinerja (laba) masa depan. Sampel dalam penelitian ini adalah  122  perusahaan manufaktur  yang  terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2007 sampai dengan 2008. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen yang meliputi: net earning, leverage, total asset, size, discretionary accrual dan expected earning sebagai variabel dependen. Metode pengumpulan data dalam penelitian  ini adalah metode dokumentasi yang diambil dari  laporan keuangan perusahaan terkait dan buku-buku yang menunjang dalam penelitian. Analisis data untuk penelitian ini adalah dengan analis uji asumsi klasik, uji korelasi, uji determinasi (r²), uji F dan uji individual (uji t) .

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel perataan laba (net earning,  leverage, total asset, size, dan discretionary accrual) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja (laba) masa depan perusahaan manufaktur yang go public di  Bursa  Efek  Indonesia. Hal ini di buktikan dengan hasil Uji Keberartian Model (Uji F) yakni variabel independen besama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap expected  earning, dan juga dibuktikan dengan hasil  uji  koefisien determinasi (r²) yang nilainya  cukup tinggi sebesar 97,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perataan laba dengan expected earning perusahaan. Namun ada variabel perataan laba yang dinyatakan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ekspektasi kinerja (laba) masa depan perusahaan pada Uji Signifikansi Parameter Individual. Analisis regresi dengan menggunakan metode uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa dari lima variabel yang diujikan terhadap expected earning, hanya dua variabel yang memiliki pengaruh  signifikanyakni net earnings dan total asset perusahaan. 

Downloads

Published

2016-04-30

How to Cite

Achmad Fauzi Arifanto. (2016). ANALISIS PENGARUH VARIABEL PERATAAN LABA TERHADAP EKSPEKTASI KINERJA LABA MASA DEPAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2008. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 5(1), 20–33. https://doi.org/10.33795/jaeb.v5i1.302