PENGARUH INFORMASI AUDIT DAN NON AUDIT TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Authors

  • ADITYA MURTANDI PUTRA

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v2i2.309

Keywords:

Audit delay, Opini audit, Kantor Akuntan Publik, Laba bersih, Tingkat inflasi, Harga saham.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi-informasi audit dan non audit yang dapat mempengaruhi harga saham pada perusahaan manufaktur. Penelitian ini merupakan penelitian uji hipotesis (hypothesis testing study), yang menguji pengaruh variabel-variabel yang dapat mempengaruhi harga saham.

                Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sekunder, dengan melakukan studi kepustakaan dan dokumentasi. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia dan situs Yahoo Finance. Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 dengan periode penelitian dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang digunakan adalah laporan keuangan dan harga saham. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, dengan metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah koefisien determinasi, uji koefisien regresi serentak, dan uji koefisien regresi parsial.

                Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan semua informasi audit, yang terdiri dari audit delay, opini audit, dan Kantor Akuntan Publik, dan informasi non audit, yang terdiri dari laba bersih dan tingkat inflasi, berpengaruh terhadap harga saham. Secara parsial hanya audit delay yang tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan hanya opini audit yang berpengaruh negatif terhadap harga saham.

Downloads

Published

2013-10-30

How to Cite

ADITYA MURTANDI PUTRA. (2013). PENGARUH INFORMASI AUDIT DAN NON AUDIT TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.33795/jaeb.v2i2.309