PENGARUH FASILITAS DROP BOX, BENTUK DAN ISI FORMULIR SPT TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK DALAM MELAPORKAN SPT (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Kediri)

Authors

  • AGRYAN ATMA WIJAYA

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v2i2.310

Keywords:

Drop Box, Bentuk dan Isi Formulir SPT, Kesadaran Wajib Pajak, Pelaporan SPT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fasilitas drop box, bentuk dan isi formulir SPT terhadap kesadaran Wajib Pajak dalam melaporkan SPT. Rendahnya tingkat pelaporan SPT pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama  Kediri menunjukkan bahwa masih rendahnya tingkat kesadaran Wajib Pajak di Kediri. Pelaporan SPT sangat penting, karena dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertanggung jawabkan perhitungan pajaknya.

                Metode statistik yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi Kota Kediri. Jumlah responden dalam penelitian adalah 180 responden yang telah mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil uji koefisien determinasi R2 (adjusted R2 ) menunjukkan sebesar 15,7%. Variasi kesadaran wajib pajak dapat dijelaskan oleh variasi dari ke dua variabel independen yaitu  drop box,  bentuk dan isi formulir SPT, sedangkan sisanya 84,3% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain. Hasil analisis pada uji keberartian model (Uji F) menyatakan bahwa fasilitas drop box, bentuk dan isi formulir SPT berpengaruh secara bersama-sama terhadap kesadaran wajib pajak dalam melaporkan SPT. Hasil pengujian signifikansi parameter individual (Uji t) menunjukkan bahwa ke dua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap kesadaran wajib pajak dalam melaporkan SPT.

Downloads

Published

2013-10-30

How to Cite

AGRYAN ATMA WIJAYA. (2013). PENGARUH FASILITAS DROP BOX, BENTUK DAN ISI FORMULIR SPT TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK DALAM MELAPORKAN SPT (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Kota Kediri). Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.33795/jaeb.v2i2.310