FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERILAKU WAJIB PAJAK DALAM MENGGUNAKAN E-FILING SEBAGAI SARANA PELAPORAN PAJAK

Authors

  • Anita Rahayu Politeknik Kediri

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v12i1.312

Keywords:

e-Filing, NPWP, Pengetahuan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan, Pengalaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-Filing sebagai sarana pelaporan pajak khususnya di Kediri. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen yaitu minat perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-Filing sedangkan variabel independennya yaitu pengetahuan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasiaan serta pengalaman.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Sampelnya adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang memilik NPWP menggunakan e-Filing di daerah Kediri. Metode pengumpulan sampel ini adalah sampel acak.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-Filing, sedangkan keamanan dan kerahasiaan serta pengalaman berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap minat perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-Filing sebagai sarana pelaporan pajak.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Anita Rahayu. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERILAKU WAJIB PAJAK DALAM MENGGUNAKAN E-FILING SEBAGAI SARANA PELAPORAN PAJAK. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 12(1), 41–54. https://doi.org/10.33795/jaeb.v12i1.312