FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MELAPORKAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN (SPT)

Authors

  • Hijrah Safitri

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v5i1.319

Keywords:

SPT, NPWP, kesadaran wajib pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) di Kediri. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen yaitu kepatuhan Wajib Pajak dalam melaporkan SPT, sedangkan variabel independennya yaitu kesadaran Wajib Pajak, pelayanan fiskus, sanksi pajak, dan persepsi atas efektifitas sistem perpajakan.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Sampelnya adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang memilik NPWP di Kediri. Metode pengumpulan sampel ini adalah sampel acak sederhana. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT, sedangkan pelayanan fiskus, sanksi pajak, dan persepsi efektifitas berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT.

Downloads

Published

2016-04-30

How to Cite

Hijrah Safitri. (2016). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MELAPORKAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN (SPT). Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 5(1), 34–46. https://doi.org/10.33795/jaeb.v5i1.319