FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP MAKNA ASET, KEWAJIBAN DAN EKUITAS
DOI:
https://doi.org/10.33795/jaeb.v5i1.321Keywords:
Perguruan tinggi, metode pembelajaran, minat mata kuliah akuntansi, jurusan asal sekolah dan makna aset, kewajiban dan ekuitas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap makna aset, kewajiban, dan ekuitas. Pemahaman akuntansi yang dimiliki individu akan memberikan sebuah wacana dan keputusan penting yang berhubungan dengan kondisi manajerial sebuah perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perguruan tinggi yang dibedakan menjadi menjadi dua kelompok, yaitu perguruan tinggi vokasi dan perguruan tinggi akademik. Metode pembelajaran dibedakan menjadi tiga yaitu metode ceramah, metode berpusat kepada mahasiswa dan metode diskusi. Minat terhadap mata kuliah akuntansi yang dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu akuntansi keuangan, akuntansi manajemen dan akuntansi sektor publik dll. Jurusan asal sekolah yang dibedakan menjadi tiga jurusan yaitu IPA, IPS dan lain-lain. Variabel dependen yaitu makna aset, kewajiban dan ekuitas.
Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang sesuai dengan syarat dari beberapa perguruan tinggi di Kota Kediri. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji keberartian model (uji F) dan Uji signifikansi parameter individual (Uji T) yang menunjukkan setiap variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi dan metode pembelajaran tidak mempengaruhi pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap makna aset, kewajiban dan ekuitas dan minat mata kuliah akuntansi dan jurusan asal sekolah mempengaruhi pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap makna aset, kewajiban dan ekuitas