HR COMPETENCE MANAGEMENT DAN ORGANISASI VIRTUAL SEBUAH NILAI EKONOMIS DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA GLOBAL

Authors

  • SRI ANUGRAH NATALINA

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v4i2.326

Keywords:

Globalisasi, HR Competence Management, Virtual Organizations

Abstract

Globalisasi merupakan perubahan yang terjadi karena salah satu penyebabnya akibat dari adanya perkembangan teknologi informasi. Manajemen organisasi harus segera merespon dan memberikan tanggapan atas perkembangan teknologi, karena perkembangan tersebut juga akan menimbulkan budaya organisasi yang baru. Permasalaha                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       n yang dihadapi oleh organisasi dan perusahaan atas pengaruh globalisasi adalah dalam segi manajemen sumber daya manusia adalah ”pengelolaan orang di organisasi dalam konteks internasional”.

Model HR Competence Management merupakan model manajemen dalam organisasi yang memfokuskan pada kajian perbaikan pemahaman dari variabel knowledge untuk meningkatkan variabel ability, skill dan attitude dari SDM yang bersangkutan yang secara komprehensif menjadi unsur-unsur pembentuk kompetensi SDM yang unggul dan profesional. Hal tersebut menyebabkan pergeseran paradigma dalam mengelola organisasi yang semula bersifat resource-based approach beralih ke competence-based approach. Dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi maka pembentukan virtual organisasi dapat menjadi salah satu penggunaan strategis terpenting. Organisasi virtual adalah organisasi yang menggunakan teknologi informasi yang menghubungkan banyak orang, organisasi dan aktiva. SDM memainkan peranan kritikal dan esensial karena disatu sisi merupakan human capital dan active agent bagi pengembangan suatu organisasi. Sedangkan di sisi lain merupakan faktor determinan kapabilitas untuk mengelola sumberdaya organisasi.

Menciptakan SDM yang unggul dan profesional menjadi keharusan untuk memperbaiki knowledge dari SDM yang bersangkutan Indikasi keberhasilan HR Competence Management dari keterpaduan model ini akan terlihat pada perilaku individu yang selalu haus untuk mencari informasi baru, selalu berpikir alternatif dan gemar melakukan percobaan. Virtual organization diharapkan dapat memberikan perkembangan kearah yang lebih baik dalam meningkatkan daya saing melalui efisiensi kerja. Inilah dampak era keterbukaan dan era informasi sehingga HR Competence Management dan Virtual Organizations memberikan sebuah nilai ekonomis pada organisasi perusahaan.

Downloads

Published

2015-10-30

How to Cite

SRI ANUGRAH NATALINA. (2015). HR COMPETENCE MANAGEMENT DAN ORGANISASI VIRTUAL SEBUAH NILAI EKONOMIS DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA GLOBAL. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 56–66. https://doi.org/10.33795/jaeb.v4i2.326