FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP MAKNA EKUITAS

Authors

  • Sri Astutik

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v5i2.332

Keywords:

pemahaman, makna ekuitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap makna ekuitas. Pemahaman akuntansi yang dimiliki individu akan memberikan sebuah wacana dan keputusan penting yang berhubungan dengan kondisi manajerial sebuah perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perguruan tinggi yang dibedakan menjadi menjadi dua kelompok, yaitu perguruan tinggi vokasi dan perguruan tinggi akademik. Tahun masuk mahasiswa dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu 2011, 2012 dan 2013. Jurusan asal sekolah yang dibedakan menjadi tiga jurusan yaitu IPA, IPS dan lain-lain. Nilai tingkat prestasi mahasiswa dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu mulai dari 2,99 – 2,75, 2,76 – 3,59 dan 3,51 – 4,00. Variabel dependen yaitu makna ekuitas.

Sampel  dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang sesuai dengan syarat dari beberapa perguruan tinggi di Kota Kediri. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji signifikansi parameter individual (Uji T) dan Analysis of Variance (ANOVA) yang menunjukkan setiap variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahun masuk mahasiswa tidak mempengaruhi pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap makna ekuitas dan perguruan tinggi, jurusan asal sekolah dan nilai tingkat prestasi mempengaruhi pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap makna ekuitas.

Downloads

Published

2016-10-30

How to Cite

Sri Astutik. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP MAKNA EKUITAS. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 5(2), 24–37. https://doi.org/10.33795/jaeb.v5i2.332