ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN END USER PADA PT. BAROKAH JAYA SEJAHTERA

Authors

  • CHOIRUL HANA

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v7i2.346

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan End User

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya jumlah penduduk yang semakin pesat serta

kebutuhan akan perumahan oleh masyarakat. Menjadikan peluang bisnis bagi pengembang (developer)

untuk dapat memperolah penjualan yang tinggi. Tingginya penjualan tidak dapat diperoleh dengan

mudah karena semakin banyaknya pesaing dalam bisnis property sehingga menarik peneliti untuk

mengkaji lebih dalam mengenai kualitas produk dan kualitas pelayanan pada PT. Barokah Jaya

Sejahtera. Melalui Kualitas produk dan Kualitas pelayanan dapat tercipta kepuasan End User. Tujuan

penelitian ini adalah Untuk Menguji dan menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan

pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan

adalah penelitian survei yang bersifat penjelasan (explanatory research) dengan sampel sebanyak 51

responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik

inferensial.

Hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa mean

tertinggi adalah kualitas produk dalam kategori baik. Mean kualitas pelayanan adalah baik dan Mean

Kepuasan pelanggan adalah baik. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik inferensial

menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara variabel kualitas Produk dengan

kepuasan End User, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan

End User.

Downloads

Published

2018-10-31

How to Cite

CHOIRUL HANA. (2018). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN END USER PADA PT. BAROKAH JAYA SEJAHTERA. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 7(2), 18–28. https://doi.org/10.33795/jaeb.v7i2.346