ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN END USER PADA PT. BAROKAH JAYA SEJAHTERA
DOI:
https://doi.org/10.33795/jaeb.v7i2.346Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan End UserAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya jumlah penduduk yang semakin pesat serta
kebutuhan akan perumahan oleh masyarakat. Menjadikan peluang bisnis bagi pengembang (developer)
untuk dapat memperolah penjualan yang tinggi. Tingginya penjualan tidak dapat diperoleh dengan
mudah karena semakin banyaknya pesaing dalam bisnis property sehingga menarik peneliti untuk
mengkaji lebih dalam mengenai kualitas produk dan kualitas pelayanan pada PT. Barokah Jaya
Sejahtera. Melalui Kualitas produk dan Kualitas pelayanan dapat tercipta kepuasan End User. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk Menguji dan menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan
pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian survei yang bersifat penjelasan (explanatory research) dengan sampel sebanyak 51
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
inferensial.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa mean
tertinggi adalah kualitas produk dalam kategori baik. Mean kualitas pelayanan adalah baik dan Mean
Kepuasan pelanggan adalah baik. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik inferensial
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara variabel kualitas Produk dengan
kepuasan End User, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan
End User.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.