PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD ABADI MULYA KEDIRI

Authors

  • Rike Kusuma Wardhani

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v6i2.351

Keywords:

Inovasi Produk, Penjualan

Abstract

  Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  inovasi produk terhadap volume penjualan pada UD Abadi Mulya Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan metode ini peneliti akan mengetahui tingkat signifikansi antar variabel yang diteliti sehingga dapat ditarik kesimpulan yang jelas mengenai objek yang akan diteliti.

 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menguji pengaruh inovasi produk terhadap volume penjualan pada UD Abadi Mulya serta menguji teori dengan pengujian suatu hipotesis apakah diterima atau ditolak.

Data yang terkumpul akan diproses menggunakan SPSS 16.0 dengan uji statistic untuk menentukan sebaran dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan hubungan signifikan (r = 0,850) antara inovasi produk terhadap volume penjualan. Diperoleh nilai t sebesar 2.797 lebih besar dari t tabel sebesar 2.7745. Nilai rsquare sebesar 0.723 menunjukkan bahwa 72.3% varibel independen (inovasi produk) yang dapat menjelaskan variabel dependen (volume penjualan). Sedangkan sisanya sebesar 27,7% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Hasil analisa data menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Sehingga peneliti menyarankan untuk selalu menambah variasi/inovasi produk baru untuk meningkatkan volume penjualan.

Downloads

Published

2017-10-30

How to Cite

Rike Kusuma Wardhani. (2017). PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD ABADI MULYA KEDIRI. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 6(2), 38–49. https://doi.org/10.33795/jaeb.v6i2.351