PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), MANAGERIAL OWNERSHIP DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP TAX AVOIDANCE
(Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Foods and Beverages di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022)
DOI:
https://doi.org/10.33795/jaeb.v12i2.5098Keywords:
CSR, Managerial Ownership, Institutional Ownership, Tax AvoidanceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Managerial Ownership dan Institutional Ownership terhadap Tax Avoidance pada perusahaan subsektor foods and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling dengan menetapkan beberapa kriteria. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang di peroleh dari website Bursa Efek Indonesia. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil pada penelitian ini menujukan bahwa variabel institutional ownership berpengaruh positif terhadap tax avoidance, sedangkan CSR dan Managerial Ownership tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.