DOXA ETIK KESENJANGAN PERSONALIA HABITUS MAHASISWA AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.33795/jaeb.v12i2.5136Keywords:
Etika, Kesenjangan, Strukturalis Generatif Freirien, Capital Domination, Knowledge ReificationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi doxa kesenjangan personalia dalam habitus mahasiswa penempuh Mata Kuliah Etika Bisnis dan Profesi. Strukturalis Generatif Freirien digunakan sebagai basis eksplorasi metodologis dengan menggunakan metode Freirien Coding Analysis. Strukturalisme generatif Bourdieu merupakan grand theory yang bersifat generik yang merekonsiliasi dualism dalam pandangan keilmuan modern yang single vision. Perspektif sosiologi Bourdieu mempelajari hubungan struktur – agen dan mengakomodasi bagaimana sistem kekuasaan kapital berinteraksi dengan kemampuan agen untuk berdiam sekaligus melepaskan diri dari doxa habitus dalam field. Sehingga, pola Freirien merupakan pola pedagogis yang tepat dalam mengeksplorasi doxa dalam kerangka pendidikan dialogis, yang tujuan utamanya adalah untuk memahami dan selanjutnya membebaskan habitus dari doxa sistem kuasa kapital yang disharmoni. Berdasarkan Freirien Coding Analysis, ditemukan dua doxa etik habitus, yaitu The beauty of capital domination dan the power of knowledge reification. Dua aspek kesadaran (doxa) yang dimiliki habitus ini memiliki potensi yang dapat mendorong terjadinya kesenjangan (personalia). Melalui pemahaman ini, diharapkan pendidik dapat menemukan point kritis yang diperlukan untuk melakukan perubahan, dimana perubahan pada hal dasar sangat diperlukan. Pendidikan akuntansi sudah seharusnya memiliki peran yang mengorientasikan proses edukasi pedagogis pada terjadinya perubahan (agent of change) dan kemaslahatan sosial. Proses pendidikan harus berorientasi pada kepentingan sosial dan berorientasi pada longlife education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.