Webmarket Produk Kayu Lokal Kediri Sebagai Upaya Mewujudkan Smart Economy City
DOI:
https://doi.org/10.33795/jim.v8i1.1148Keywords:
Produk lokal, Produk Kayu, Smart City, Smart Economy, WebmarketAbstract
Konsep smart city tengah digencarkan di Indonesia karena digadang dapat menjadi sebuah solusi untuk menciptakan sebuah kota yang kondusif serta lebih menyenangkan. Smart city juga bisa diartikan sebagai penerapan konsep kota cerdas dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat lebih baik. Smart economy, yang merupakan salah satu kategori dari smart city, sangat memungkinkan diterapkan seiring maraknya webmarket yang menyediakan jual beli secara online. Namun, pada saat ini masih sedikit webmarket yang secara khusus menawarkan produk lokal dari sebuah daerah. Oleh karena itu, pada penelitian ini dibuat rancang bangun dari sebuah webmarket yang mampu menawarkan produk kayu dengan informasi terkait profil penyedia, produk unggulan, dan berita mengenai kayu. Pada penelitian ini, rancang bangun webmarket diimplementasikan sebagai sebuah web yang memuat informasi mengenai perusahaan kayu dan produk hasil olahannya yang siap dijual. Layanan webmarket ini dirancang untuk admin dari Disperindag, pemilik perusahaan kayu, dan pengunjung yang dapat memberikan testimoni dari masing-masing produk. Webmarket kayu lokal ini memiliki beberapa fitur, yaitu dapat mengelola data berita seputar kayu, menyediakan fasilitas member bagi pemilik perusahaan, dan menampilkan hasil produk berbahan kayu. Webmarket ini diimplementasikan pada kota Kediri yang merupakan kota yang sedang berkembang. Webmarket diharapkan mampu menginformasikan produk ekonomi dari Kediri.