Sistem Informasi Geografis Persebaran Lembaga Kursus Bahasa Inggris Berbasis Web (Studi Kasus Kampung Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri)

Authors

  • Yusuf Rehan Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jim.v14i1.360

Keywords:

Kampung Inggris, Laravel, Leaflet JS, Sistem Informasi Geografis

Abstract

Kampung Inggris yang terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur memiliki puluhan hingga ratusan lembaga kursus yang memberikan pelatihan dan paket belajar yang beragam. Namun hingga saat ini belum memiliki sistem informasi terpusat yang memberikan informasi tentang lembaga-lembaga tersebut. Hal tersebut membuat calon siswa kebingungan dalam memilih sebuah lembaga kursus. Oleh karena itu, perlu dirancang dan dibangun sistem informasi geografis persebaran lembaga kursus bahasa Inggris. Sistem informasi geografis ini dikembangkan menggunakan metode waterfall dan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel, basis data menggunakan MySQL, dan memanfaatkan Leaflet JS untuk menampilkan peta persebaran lembaga kursus bahasa Inggris yang ada di Kampung Inggris. Hasil dari penelitian ini yaitu sistem informasi geografis persebaran lembaga kursus bahasa Inggris berbasis web dengan fitur yang terdiri dari pengelolaan admin lembaga, pengelolaan data lembaga kursus, pengelolaan data program lembaga, pengelolaan pelaporan ulasan, peta persebaran lembaga kursus, program terbaik, komentar dan rating, pencarian rute, dan pelaporan ulasan. Serta hasil pengujian dari sistem yang telah dibangun memiliki hasil yang sesuai. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengujian black-box, yaitu pengujian terhadap cara kerja program dan pengujian fungsional sistem.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Yusuf Rehan. (2022). Sistem Informasi Geografis Persebaran Lembaga Kursus Bahasa Inggris Berbasis Web (Studi Kasus Kampung Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). Jurnal Informatika Dan Multimedia, 14(1), 34–45. https://doi.org/10.33795/jim.v14i1.360