Pembuatan Aplikasi Alat Bantu Koreksi Lembar Jawaban Komputer Menggunakan Pengolahan Citra

Authors

  • Achmad Choiron
  • Ellya Nurfarida
  • Anang Hari Cahyono

DOI:

https://doi.org/10.33795/jim.v2i1.367

Keywords:

Lembar jawaban komputer, pengolahan citra, JAVA

Abstract

Lembar jawaban komputer adalah penentu nilai yang biasanya digunakan dalam ujain nasional. Oleh karena itu, dalam menjawab pertanyaan menggunakan lembar jawaban komputer harus hati-hati, karena dikhawatirkan lembar jawaban tidak terbaca oleh scanner. Dan hal inilah yang menyebabkan banyak siswa maupun guru khawatir. Lembar jawaban komputer dipakai karena jumlah lembar jawaban yang dikoreksi berjumlah ribuan atau jutaan. Oleh karena itu, dibutuhkan mesin scanner yang dapat mengoreksi lembar jawaban dalam jumlah yang banyak. Pemindaian merupakan proses awal yang penting sebab dari proses ini akan dihasilkan citra digiral yang bisa diolah lebih lanjut agar menghasilkan data digital.

Aplikasi alat barnu koreksi lembar jawaban komputer ini menggunakan pengolahan citra, diharapkan aplikasi ini bisa membantu proses koreksi lembar jawaban komputer yang telah dipindai dengan cepat dan akurat. Program aplikasi alat bantu konteksi lembar jawaban komputer dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman JAVA. Hal ini disebabkan karena Bahasa pemrograman JAVA dapat bekerja di berbagai sistem operasi sehingga penerapan aplikasi alat bantu koreksi lembar jawaban komputer dapat dilakukan dengan lebih mudah. Aplikasi alat banru koreksi lembar jawaban komputer pengguna dapat dengan mudah melakukan pengolahan dan pengrontrolan lembar jawaban komputer. Sehingga meminimalkan terjadinya kesalahan dalam prose koreksi lembar jawaban komputer.

Published

2010-06-16

How to Cite

Achmad Choiron, Ellya Nurfarida, & Anang Hari Cahyono. (2010). Pembuatan Aplikasi Alat Bantu Koreksi Lembar Jawaban Komputer Menggunakan Pengolahan Citra. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.33795/jim.v2i1.367