Deteksi Wajah Otomatis pada Kamera Sistem Pengawas Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan LVQ2

Authors

  • Benni Agung Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.33795/jim.v3i1.370

Keywords:

Face detection, skin color detection, learning vector quantization, wavelet

Abstract

Deteksi wajah adalah sebuah pendekatan biometric yang menggunakan metode terotomasi untuk mendeteksi seseorang berdasarkan karakteristik fisiologisnya. Deteksi wajah dimulai dengan mendeteksi pola-pola wajah di dalam pemandangan-pemandangan yang campur aduk yang ditangkap oleh sebuah webcam. Wajah yang terdeteksi kemudian dipindai dan ditangkap untuk nantinya diproses lebih lanjut.

Tulisan ini menjelaskan tentang sistem deteksi wajah otomatis menggunakan jaringan syaraf tiruan LVQ2 yang digunakan sebagai pengklasifikasi. Sebelum dilakukan proses deteksi wajah, dilakukan deteksi warna kulit untuk meminimalkan jumlah deteksi false positive. Ekstraksi ciri berbasisi dekomposisi wavelet Haar digunakan pada tahap deteksi wajah untuk mengkstrak ciri dari potongan pemandangan yang akan diklasifikasi sebagai wajah atau bukan wajah. Untuk proses lebih lanjut, wajah yang terdeteksi kemudian dapat diidentifikasi.

Published

2011-06-16

How to Cite

Benni Agung Nugroho. (2011). Deteksi Wajah Otomatis pada Kamera Sistem Pengawas Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan LVQ2. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33795/jim.v3i1.370