Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Neuro-Wavelet

Authors

  • Benni Agung Nugroho
  • Irna Wijayanti
  • Agus Widayanti

DOI:

https://doi.org/10.33795/jim.v4i1.375

Keywords:

Pengenalan wajah, wavelet, jaringan syaraf tiruan, LVQ

Abstract

Sistem pengenalan wajah dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, misalnya bidang kedokteran, sistem keamanan, perkantoran, pertokoan, absensi dan lain sebagainya. Sistem pengenalan wajah ini menggunakan metode neuro-wavelet yang merupakan gabungan dari metode wavelet yang berguna untuk mereduksi ukuran citra wajah. Jaringan syaraf tiruan yang berguna untuk pengenalan pola atau pengambilan ciri citra wajah dan LVQ (Learning Vector Quantization) yang berguna untuk pelatihan citra wajah dan diimplementasikan dengan Bahasa pemrograman Matlab. Sistem ini menggunakan citra wajah dengan ukuran 40x40 piksel, kemudian citra wajah yang dibuat dengan klasifikasi wavelet, JST (Jaringa Syaraf Tiruan) dan LVQ tersebut dicocokkan dengan ciri citra wajah yang ada di database. Secara otomatis program akan menampilkan hasil pengenalan citra wajah, apakah citra wajah yang diujikan dikenali atau tidak.

Dengan menggunakan metode ini tingkat pengenalan citra wajah bisa mencapai 90%. Penelitian ini diharapkan dapat memudahkan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan program ini menjadi lebih sempurna, misalnya dibuat untuk aplikasi presensi pelajar/karyawan, identifikasi wajah korban atau pelaku kejahatan pada bidang kepolisian, identifikasi wajah customer yang ditangkap oleh kamera pengintai/cctv untuk keamanan pertokoan, bank atau tempat-tempat belanja dan lain-lain.

Published

2012-06-16

How to Cite

Benni Agung Nugroho, Irna Wijayanti, & Agus Widayanti. (2012). Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Neuro-Wavelet. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.33795/jim.v4i1.375