Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Aset TI (Studi Kasis di PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta)

Authors

  • Herwin Zakiyah
  • Eva Safitri

DOI:

https://doi.org/10.33795/jim.v4i1.378

Keywords:

Aset, manajemen aset, manajemen aset TI, help desk

Abstract

Asset TI merupakan salah satu sumber daya yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan asset khususnya asset TI harus diatur secara terstruktur dan sistematis. Tujuan penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Manajemen Aset Tekbologi Informasi yang sesuaidengan kebutuhan PT TSPM. Sistem informasi manajemen asset TI dirancang untuk mengelola asset TI dalam siklus hidupnya, mulai dari inventarisasi asset, maintenance asset, rehabilitasi asset dan penghapusan asset. Dalam sistem yang dikembangkan, siklus hidup asset TI dapat termonitor secara jelas, sehingga dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi pihak manager MIS dan pihak lain yang terkait dengan manajemen asset TI, khususnya dalam hal analisis kebutuhan asset TI, procurement asset TI dan optimalilsasi  aset TI. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode SDLC yang terdiri dari beberapa tahapan, meliputi tahap planning, analisis, desain dan implementation. Sistem yang dikembangkan berbasis web dengan dilengkapi fitur Help Desk. Fitur ini berfungsi sebagai media komunikasi dan informasi incident yang dilaporkan oleh user kepada staff TI apabila terjadi permasalahan pada perangkat TI. Dengan demikan, penanganan incident menjadi cepat, ketersediaan aset dapat meningkat dan biaya maintenance relatif lebih rendah.

Published

2012-06-16

How to Cite

Herwin Zakiyah, & Eva Safitri. (2012). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Aset TI (Studi Kasis di PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta). Jurnal Informatika Dan Multimedia, 4(1), 31–43. https://doi.org/10.33795/jim.v4i1.378