Aplikasi Kepuasan Masyarakat Pelayanan Desa Rejoagung Berbasis Web dan Android
DOI:
https://doi.org/10.33795/jim.v15i1.4064Keywords:
Survei, Layanan Publik, Layanan Pemerintah, AndroidAbstract
Desa Rejoagung yang terletak di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, merupakan desa dengan 8 dusun, 12 rukun warga (RW), dan 20 rukun tetangga (RT). Sebagai pusat pelayanan pemerintah dan masyarakat, menyediakan berbagai layanan seperti pengurusan e-KTP, akte kelahiran, dan perubahan data kartu keluarga. Untuk mengevaluasi kinerja dan kepuasan layanan yang diberikan diperlakukan survei. Pelayanan publik yang menggunakan Bahasa pemrograman laravel dan menghasilkan nilai SKM didasarkan pada pengukuran nilai SKM Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang berisi 9 unsur ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan dan terstandar. Masalah utamanya adalah durasi layanan yang berkepanjangan. Menilai kepuasan masyarakat penting dalam mengevaluasi kinerja kelembagaan. Survei menggunakan kuesioner memungkinkan organisasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan memastikan kepuasan pelanggan. Aplikasi berbasis web dan Android ini memudahkan pendataan dan mengurangi kesalahan dalam perhitungan indeks dan memudahkan responden dalam mengisi survei layanan kepuasan Masyarakat terhadap pemerintah . Mengukur indeks kepuasan berperan dalam memantau kinerja dan meningkatkan kualitas layanan. Pengujian sistem menggunakan metode black box menujukkan sistem dapat berjalan dengan lancar. Sistem Kuesioner Kepuasan Pelayanan Publik Desa Rejoagung berhasil memudahkan admin dan pengguna pada Pemerintahan Desa Rejoagung dalam melakukan survei kepuasan pelayanan masyarakat dan meningkatkan efektivitas dalam mengerjakan survei.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nabila Aydinda Islamiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.