Sistem Informasi Manajemen Keuangan Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Toko Bangunan Tiga "D" Jaya)

Authors

  • Alfina Dhona Pratiwi Politeknik Negeri Malang
  • Agustono Heriadi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jtim.v15i2.4434

Keywords:

Sistem Informasi, Manajemen Keuangan, Web

Abstract

Toko bangunan Tiga “D” Jaya merupakan salah satu toko bangunan di Kota Kediri. Sistem manajemen keuangan yang digunakan oleh Toko Bangunan Tiga “D” Jaya saat ini masih manual yaitu dengan menggunakan media kalkulator sebagai alat bantu untuk menghitung dan kertas yang ditulis manual sebagai media untuk bukti pembayaran. Selain itu, toko bangunan Tiga “D” Jaya tidak memiliki pembukuan keuangan dan pembukuan stok barang. Oleh karena itu, perlu adanya Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Toko Bangunan Tiga “D” Jaya). Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data dan pengembangan sistem. Metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumen. Sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan Waterfall. Sistem dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP framework laravel dan Database MySQL. Sistem yang dihasilkan mampu mengelola transaksi penjualan, pembelian, pengembalian, hutang, piutang dan mengelola stok barang serta menghasilkan laporan.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Pratiwi, A. D., & Heriadi, A. (2023). Sistem Informasi Manajemen Keuangan Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Toko Bangunan Tiga "D" Jaya). Jurnal Informatika Dan Multimedia, 15(2), 1–5. https://doi.org/10.33795/jtim.v15i2.4434