Sistem Informasi Pengelolaan Data Kos Annisa Menggunakan Framework Code Igniter 4

Authors

  • Fitri Zuyina Nur Azizah Politeknik Negeri Malang
  • Adine Pramesti Gitaswari Politeknik Negeri Malang
  • Dwiana Maryamas Sofa Politeknik Negeri Malang
  • Rexana Widyadhana Agusta Politeknik Negeri Malang
  • Zulva Nur Fadila Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jim.v14i2.467

Keywords:

Sistem Informasi, Pengelolaan, Kost Putri, Codeigniter

Abstract

Kos putri Anisa adalah Kos yang terletak di daerah Mojoroto, Kota Kediri dengan fasilitas yang lumayan lengkap dan letaknya strategis. Permasalahan yang sering terjadi adalah penjaga kos kesulitan untuk penambahan data penghuni kos baru dan pengelolaan pembayaran. Hal ini disebabkan keterbatasan informasi yang diperoleh dari masyarakat secara langsung, apalagi mengharuskan si penyewa mencari hunian yang dekat dengan tempat kerja, sekolah atau kampus tempat mereka melaksanakan aktifitas sehari-hari. Sangat banyak sekali permasalahan yang dirasakan saat harus mencari sendiri tempat tinggal yang sesuai dengan selera, baik dilihat dari sisi waktu yang dihabiskan, tenaga, pikiran dan materi yang terkuras mencari hunian yang akan ditempati. Dari segi yang dialami oleh pemilik/penjaga kos itu mereka kesulitan mengelola data penghuni kos karena menggunakan cara manual dengan face to face atau melalui chat, selain itu jika masih menggunakan cara manual, tagihan pembayaran per bulan juga akan menyulitkan penjaga kos karena harus menagih satu per satu.

Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan diatas pemanfaatan sistem dan teknolgi informasi secara digital dirasakan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut khususnya di lingkup Kos Putri Anisa. Maka dari itu pengembangan aplikasi berbasis web dalam pengelolaan kos sangat berguna untuk membantu memudahkan dari sisi admin (Pemilik/Penjaga Kos) dan orang yang ingin mencari kos serta sebagai ajang promosi tempat kos agar lebih dikenal banyak orang.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Fitri Zuyina Nur Azizah, Adine Pramesti Gitaswari, Dwiana Maryamas Sofa, Rexana Widyadhana Agusta, & Zulva Nur Fadila. (2023). Sistem Informasi Pengelolaan Data Kos Annisa Menggunakan Framework Code Igniter 4. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 14(2), 7–14. https://doi.org/10.33795/jim.v14i2.467