Implementasi Metode Moora Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik Pada PD Anugrah Abadi Baru

Authors

  • Diah Eka Setyowati Politeknik Negeri Malang
  • Benni Agung Nugroho Politeknik Negeri Malang
  • Ratna Widyastuti Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jtim.v15i2.4795

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Sales, PD Anugrah Abadi Baru, Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA)

Abstract

PD Anugrah Abadi Baru merupakan perusahaan dagang yang menjual alat masak serbaguna. Perusahaan ini memiliki beberapa sales yang bertugas untuk memasarkan produk-produk mereka kepada konsumen. Pada PD Anugrah Abadi Baru, proses pemilihan sales terbaik masih didasarkan pada penelitian secara individu oleh pimpinan perusahaan. Hal ini dapat mengakibatkan kesalahan dalam melakukan penilaian. Cara ini juga dianggap tidak objektif karena ada kemungkinan bahwa ada sales yang sebenarnya layak untuk dipilih sebagai sales terbaik, namun tidak terpilih dalam pemilihan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan sales terhadap hasil penilaian yang dilakukan oleh pimpinan. Selain itu, dengan banyaknya jumlah sales, proses penilaian kinerja dapat menjadi lebih lama dan kurang efektif. Untuk itu, dibangun sistem pendukung keputusan berbasis website yang bertujuan untuk membantu pimpinan perusahaan dalam melakukan pemilihan sales terbaik di perusahaannya. Penelitian ini menggunakan metode Multi-Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA). Pengembangan sistem ini menggunakan Metode Waterfall dan Metode Black Box Testing untuk metode pengujian sistemnya. Pengembangan sistem menggunakan framework Laravel dan MySQL database. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi wawancara dan studi pustaka. Hasil yang didapat dari sistem pendukung keputusan ini yaitu sistem dapat menginputkan nilai yang didapat setiap sales setiap bulannya dimana nilai tersebut akan dilakukan perhitungan MOORA dan menghasilkan perankingan setiap bulan dan tahun. Sistem ini juga dapat mencetak laporan PDF. Untuk pengujian dari aplikasi ini diperoleh hasil yaitu fitur login, perhitungan MOORA, tambah, edit, dan lihat data berjalan sesuai dengan fungsi program.

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Diah Eka Setyowati, Nugroho, B. A., & Widyastuti, R. (2023). Implementasi Metode Moora Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Terbaik Pada PD Anugrah Abadi Baru. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 15(2), 25–33. https://doi.org/10.33795/jtim.v15i2.4795