Sistem Informasi Presensi Mahasiswa PKL Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri

Authors

  • Ahmad Choirul Huda Politeknik Negeri Malang
  • Agustono Heriadi Politeknik Negeri Malang
  • Ratna Widyastuti Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jim.v14i2.494

Keywords:

Android, Application, Attendance, D3 Informatics Management PSDKU Kota Kediri

Abstract

AbstrakDi era perkembangan teknologi yang pesat sekarang, banyak sekali pemanfaatan teknologi yang mulai memasuki ke berbagai bidang yang ada mulai dari bidang sosial, bidang ekonomi dan khusunya pada bidang ilmu teknologi. Presensi adalah suatu kegiatan merekap kehadiran yang dilakukan bagi seseorang yang sedang melakukan sebuah pekerjaan. Penggunaan dari komputer sangat diperlukan dalam melakukan kegiatan presensi guna mendapatkan data yang lebih tepat dan akurat. Proses presensi mahasiswa pkl yang ada pada dinas komunikasi dan informatika kabupaten kediri masih menggunakanan presensi manual dimana proses ini masih mempunyai sisi negatif diantaranya terjadinya kerusakan pada buku absensi dikarenakan masih menggunakan kertas.

Pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan studi pustaka dari beberapa penelitian sebelumnya. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, penulis akan memberikan alternatif penyelesaian pemecahan masalah dengan mengambangkan sebuah sistem informasi presensi yang terkomputerisasi berbasis android. Perancangan ini menggunakan bahasa pemrograman kotlin dan MySQL sebagai pengolahan database. Dengan sistem yang tekromputerisasi ini diharapkan dapat mengatasi permasalahn yang ada, sehingga mempermudahkan mahasiswa PKL dalam melakukan kegiatan presensi kehadiran yang akurat setiap harinya.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Ahmad Choirul Huda, Agustono Heriadi, & Ratna Widyastuti. (2022). Sistem Informasi Presensi Mahasiswa PKL Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 14(2), 1–6. https://doi.org/10.33795/jim.v14i2.494