Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hepatitis Berbasis Website Dengan Metode Naive Bayes (Studi Kasus Insitut Shanti Bhuana)

Authors

  • Anggelia Deli Institut Shanti Bhuana
  • Candra Gudiato Institut Shanti Bhuana

Keywords:

Perancangan, Naïve Bayes, Diagnosa, Hepatitis, Sistem Pakar

Abstract

Penyakit Hepatitis merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia dan dapat menyebabkan kematian. Diagnosis awal penyakit hepatitis ini sangat penting dilakukan agar dapat segera ditangani dan diobati. Terdapat 5 jenis virus hepatitis, yaitu Virus hepatitis A (VHA), Virus Hepatitis B (VHB), Virus Hepatitis C (VHC), Virus Hepatitis D (VHD),dan Virus Hepatitis E (VHE). Pada kampus Institut Shanti Bhuana, mahasiswa yang baru masuk melakukan tes hepatitis, karena mahasiswa yang baru masuk wajib  tinggal di asrama selama 2 tahun. Karena dalam asrama hidup bersama, jadi pencegahan penyakit hepatitis ini sangat penting agar menghindari penyakit menular ini. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah sistem pakar yang dapat mendeteksi kemungkinan terjadinya penyakit hepatitis yang dapat digunakan oleh semua orang khususnya mahasiswa Institut Shanti Bhuana untuk memahami betapa pentingnya mengetahui arti, pencegahan, solusi dari penyakit hepatitis dan  bagaimana proses pencegahannya serta  untuk mendeteksi penyakit hepatitis sedini mungkin. Sistem pakar yang dirancang ini menerapkan perhitungan naïve bayes. Pada artikel ini fokus utamanya  adalah perancangan agar nantinya dapat dipakai dan digunakan oleh Instiitut Shanti Bhuana.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Deli, A., & Gudiato, C. (2024). Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hepatitis Berbasis Website Dengan Metode Naive Bayes (Studi Kasus Insitut Shanti Bhuana). Jurnal Informatika Dan Multimedia, 16(1), 24–31. Retrieved from http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jtim/article/view/5546