Pengembangan Aplikasi Pantau Pembelajaran Berbasis Android Studi Kasus SD Plus Sunan Ampel Kediri
DOI:
https://doi.org/10.33795/jtim.v16i1.5960Keywords:
Aplikasi, pembelajaran, android, kotlin, mysqlAbstract
Pendidik merupakan pekerjaan yang memiliki tanggung jawab kemanusiaan yang besar, khususnya berkaitan dengen keberhasilan pembelajaran generasi penerus bangsa. Berkembangnya penyelenggaraan pendidikan memunculkan sekolah-sekolah yang menginplementasi kurikulum plus. Kurikulum tersebut memadukan antara kurikulum adaptif dan kurikulum agama. Permasalahannya pendidik pada sekolah yang memiliki kurikulum plus harus memastikan kegiatan belajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut mendesain media sebagai inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memantau kegiatan pembelajaran yang berlangsung di rumah. Pendidik dapat bekerjasama dengan orang tua melakukan kegiatan pemantauan. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pantau pembelajaran berbasis android. Metode Pengembangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall. Waterfall method, terdiri dari System Analysis, System design, Coding, Testing, Implementasi.Aplikasi pantau pembelajaran dirancang menggunakan bahasa pemrograman kotlin dan mysql sebagai database untuk menyimpan data. Hasil pengujian menggunakan black box testing menunjukkan semua fungsi pada aplikasi pantau pembelajaran berjalan sesuai rancangan, yaitu staf TU pada aplikasi ini dapat menambah data siswa, menambah data wali siswa, menambah data guru dan melihat data history aktivitas; guru kelas berhasil melihat laporan dari wali siswa dan mengirim catatan tugas kepada wali siswa; dan wali siswa dapat melaporkan kegiatan aktivitas siswa setiap hari (belajar, mengaji, sholat), menerima catatan notifikasi yang diberikan oleh guru kelas dan catatan orang tua.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratna Widyastuti, Iqbra Kurniawan, Alaik Annas Salam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.