Penerapan Algoritma Naive Bayes dalam Memprediksi Penjualan pada PT HMS Kompresindo Sukses
DOI:
https://doi.org/10.33795/jtim.v16i2.6121Keywords:
Data Mining, Algoritma Naive Bayes, RapidMinerAbstract
Perusahaan harus mengikuti perkembangan dalam mengambil keputusan yang tepat, sehingga dapat bersaingan dan tidak mengalami kemunduraan. Data yang banyak akan memberikan variasi lain dalam memutuskan suatu permasalahan. PT. HMS Kompresindo Sukses adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia barang atau sparepart. Bersaing pada dunia bisnis menciptakan ketatnya antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Karena tingkat penjualan yang tinggi pada kebutuhan sparepart maka untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya mengambil keputusan yang baik dalam mengelola persediaan sparepart, cara yang digunakan dalam membantu pengambilan keputusan dengan menggunakan konsep data mining menggunakan algoritma Naive Bayes. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan mengambil data penjualan perusahaan dari periode 2019 – 2022. Metode Naive Bayes menggunakan aplikasi RapidMiner 10.1 hasilnya digunakan dalam memprediksi peluang pembelian yang berdasarkan data yang digunakan. Tingkat akurasi klasifikasi dengan metode Naive Bayes menghasilkan nilai Accuracy 88.89%, Precision 81.82%, dan Recall 81.82%. Hasil tersebut menunjukankan kecenderungan prediksi sehingga dengan metode yang digunakan mampu memberikan dalam mengambil keputusan pada perusahaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gitty Putriasri, Fahlepi Roma Doni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.