Sistem Informasi Geografis Pemetaan Angka Gizi Buruk di Wilayah Kediri

Authors

  • Shofi Romal ‘Izzul ‘Ula Politeknik Negeri Malang
  • Rinanza Zulmy Alhamri Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33795/jim.v14i2.911

Keywords:

Dinas Kesehatan, Gizi Buruk, Laravel, Sistem Informasi Geografis

Abstract

Proses representasi pemetaan angka gizi buruk di wilayah Kediri belum menggunakan teknologi komputer, sehingga proses pemantauan angka gizi buruk pada setiap wilayah masih belum tersajikan dengan baik. Hal ini tentu mempersulit kerja dari kader maupun dinas Kehatan untuk memantau angka gizi buruk di Wilayah Kediri. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuag sistem informasi yang mampu menyediakan data-data baik dalam bentuk grafik maupun peta untuk pemetaan angka gizi buruk di wilayah Kediri. Perancangan dan pembangunan sistem informasi ini dilakukan dengan menggunakan metode pengambilan data dan wawancara langsung kepada Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Kediri, dengan mencari referensi lain terkait dengan penilitian yang serupa.

Tujuan dibangunnya Sistem Informasi Geografis Pemetaan Angka Gizi buruk di Wilayah Kediri adalah agar dapat membantu masyarakat dan Dinas Kesehatan dalam memantau serta menangani kasus gizi buruk di wilayah Kediri. Sistem Informasi Geografis ini akan menampilkan data gizi buruk berdasarkan kecamatan dengan menggunakan poligon warna sebagai tanda yang memberikan informasi mengenai keadaan yang aman atau keadaan yang membutuhkan penanganan lebih lanjut. Sistem yang dirancang akan diimplementasikan menggunakan framework laravel dengan bahasa pemrogaman yang digunakan adalah PHP, CSS, JavaScript, dan menggunakan database MySQL.

Downloads

Published

2023-03-03

How to Cite

Shofi Romal ‘Izzul ‘Ula, & Rinanza Zulmy Alhamri. (2023). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Angka Gizi Buruk di Wilayah Kediri. Jurnal Informatika Dan Multimedia, 14(2), 23–28. https://doi.org/10.33795/jim.v14i2.911