PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA APLIKASI BRIMO

Authors

  • Destian Reza Marhaendra Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Ita Rifiani Permatasari Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.416

Keywords:

e-service quality, e-trust, e-customer satisfaction, BRI Mobile Banking

Abstract

Penelitian dengan jenis kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk menginterpretasikan pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-customer satisfaction pada pengguna aplikasi BRI Mobile Banking. Variabel bebas terdiri dari e-service quality dan e-trust sedangkan variabel terikat adalah e-customer satisfaction. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner kepada 125 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah BRI kantor cabang Kepanjen yang menggunakan aplikasi BRIMO minimum 2 kali pada periode 2017-2022. Data dianalisa melalui regresi linier berganda dengan software SPSS for windows. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel e-service quality dan e-trust baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-customer satisfaction pada pengguna aplikasi BRIMO. Diharapkan Bank BRI dapat meningkatkan kepuasan konsumen dengan strategi pemasarannya baik dari aspek kepercayaan dan kualitas layanan bahkan aspek lainnya.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Marhaendra, D. R. ., & Permatasari , I. R. . (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION PADA PENGGUNA APLIKASI BRIMO. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 19–24. https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.416

Issue

Section

Articles