PERAN SHARED SERVICE CENTER (SSC) DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PADA SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN
DOI:
https://doi.org/10.33795/jaeb.v14i02.7771Keywords:
Shared Service Center, Efisiensi, EvaluasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Shared Service Center (SSC) dan dampaknya pada efisiensi proses bisnis pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan Senior Manager of Accounting dan Manager SSC untuk memperoleh informasi atas implementasi SSC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SSC telah memberikan dampak positif terhadap efisiensi proses bisnis, khususnya struktur kerja yang lebih terpusat, serta pengelolaan sumber daya manusia yang lebih optimal. Meskipun penghematan biaya belum langsung terlihat karena struktur tenaga kerja tetap, efisiensi biaya diproyeksikan terjadi secara bertahap melalui pengurangan jumlah karyawan seiring dengan masa pensiun.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adinda Fitri Februeni, Sofie Yunida Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




