PERAN SHARED SERVICE CENTER (SSC) DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PADA SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN

Authors

  • Adinda Fitri Februeni Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur
  • Sofie Yunida Putri Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33795/jaeb.v14i02.7771

Keywords:

Shared Service Center, Efisiensi, Evaluasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Shared Service Center (SSC) dan dampaknya pada efisiensi proses bisnis pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan Senior Manager of Accounting dan Manager SSC untuk memperoleh informasi atas implementasi SSC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SSC telah memberikan dampak positif terhadap efisiensi proses bisnis, khususnya struktur kerja yang lebih terpusat, serta pengelolaan sumber daya manusia yang lebih optimal. Meskipun penghematan biaya belum langsung terlihat karena struktur tenaga kerja tetap, efisiensi biaya diproyeksikan terjadi secara bertahap melalui pengurangan jumlah karyawan seiring dengan masa pensiun.

Downloads

Published

2025-10-14

How to Cite

Februeni, A. F., & Putri, S. Y. (2025). PERAN SHARED SERVICE CENTER (SSC) DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PADA SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi Bisnis, 14(02), 92–100. https://doi.org/10.33795/jaeb.v14i02.7771