Pendampingan dan Lokakarya Pembelajaran Interaktif Aplikasi Berbasis Cloud bagi Guru dan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33795/jpkm.v12i2.7592Keywords:
Pembelajaran Interaktif, Kesadaran Keamanan Informasi, Aplikasi Berbasis Cloud, Pendampingan, LokakaryaAbstract
Pendampingan dan Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Glagah, Banyuwangi melalui pendampingan dan lokakarya media pembelajaran interaktif dan Aplikasi Berbasis Cloud bagi guru dan siswa. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengatasi tantangan akses terhadap media pembelajaran interaktif, meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru terhadap aplikasi berbasis cloud gratis untuk menunjang kualitas pembelajaran. Dalam pendampingan guru, telah dilakukan survei awal untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi guru terkait penggunaan media pembelajaran interaktif. Selanjutnya, menyusun modul pendampingan yang mencakup materi dan tutorial penggunaan media pembelajaran interaktif serta melakukan pendampingan langsung kepada guru dan siswa di SMAN 1 Glagah, Banyuwangi. Lokakarya ini mencakup materi penggunaan media pembelajaran interaktif dan Aplikasi Berbasis Cloud yang mudah diakses dan gratis bagi guru dan siswa yang digunakan yakni Google Sheet, Dashboarding using Google Platform dan Animasi menggunakan Google Slides. Selain itu, pada siswa dibekali dengan survei kesadaran keamanan informasi dengan harapan dapat lebih dini aware terkait segala aktivitas di dengan aplikasi berbasis cloud. Dengan mengimplementasikan pendampingan dan lokakarya media pembelajaran interaktif ini harapannya dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan aplikasi berbasis cloud gratis dalam membuat pembelajaran interaktif sehingga dapat meningkatkan minat dan engagement dengan siswa dalam belajar.
