Pelatihan Editing Foto dan Video Produk untuk Meningkatkan Kualitas Pemasaran Digital Desa Wringinsongo
DOI:
https://doi.org/10.33795/jpkm.v12i2.7814Keywords:
pemasaran digital, editing foto, editing video, konten digital, snapseed, capcutAbstract
Pengembangan sektor ekonomi lokal di desa Wringinsongo ditopang oleh keberadaan usaha mikro dan kecil UMK. Namun, pengembangan ini menghadapi kendala utama berupa kurangnya kemampuan inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan produk. Serta terbatasnya pemanfaatan pemasaran digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Di Desa Wringinsongo, pengetahuan anggota UMK mengenai teknik fotografi produk untuk kebutuhan pemasaran online masih sangat terbatas. Selain itu, keterampilan dalam melakukan editing foto dan pembuatan video kompilasi juga belum memadai. Hambatan lainnya adalah keterbatasan sarana dan prasarana pendukung, seperti ketiadaan alat-alat mini studio fotografi, termasuk ring light portabel, backdrop foto, alas foto, dan perlengkapan lainnya. Pada pengabdian ini, peserta akan memperoleh pelatihan dan pendampingan untuk membuat foto produk yang menarik serta cara mengedit foto menggunakan aplikasi snapseed dan editing video menggunakan aplikasi Cap Cut. Program ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan anggota UMK dalam memproduksi konten digital yang menarik dan profesional, sehingga mampu memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk lokal.
