PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI DENGAN PEMBUATAN VIDEO IKLAN DI INSTAGRAM UTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA STARWASH SHOE MALANG

Main Article Content

Wahidin Shulton Ash Sidiqie Syafi’i
Umi Khabibah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media promosi dengan video iklan di instagram untuk meningkatkan minat beli konsumen pada Starwash Shoe Malang. Penelitian ini menggunakan metode action research dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Jumlah responden yang diambil sebanyak 15 responden yang terdiri dari 1 pemilik usaha, 2 ahli pemasaran, 2 ahli multimedia dan 10 calon konsumen. Pengukuran efektivitas desain diukur dengan metode EPIC (empathy, persuasion, impact dan communication). Sedangkan pengukuran minat beli menggunakan metode AIDA (attention, interest, desire dan action). Dari hasil pengukuran data dapat diketahui bahwa skor rata – rata EPIC Rate sebesar 4,175 dan AIDA sebesar 90,25 persen. Hal tersebut menandakan responden sangat setuju bahwa video iklan sudah efektif digunakan sebagai pengembangan media promosi pada Starwash Shoe Malang. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa video iklan yang dibuat efektif untuk digunakan sebagai pengembangan media promosi di instagram untuk meningkatkan minat beli konsumen pada Starwash Shoe Malang.

Article Details

How to Cite
Syafi’i, W. S. A. S. ., & Khabibah, U. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI DENGAN PEMBUATAN VIDEO IKLAN DI INSTAGRAM UTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA STARWASH SHOE MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 133–138. https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.435
Section
Articles