PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA OJEK ONLINE GRAB
Main Article Content
Abstract
Perkembangan zaman mendorong banyak hal untuk berkembang dan berinovasi, termasuk dibidang transportasi. Kegiatan Promosi dan perhatian akan Kualitas Pelayanan yang dilakukan pihak perusahaan Grab dapat menjadi cara perusahaan untuk terus bertahan dan terus bersaing dengan perusahaan transportasi lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di pengguna ojek online Grab. Untuk metode penelitian yang dipakai pada penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Dalam Pengumpulan data metode yang digunakan adalah dengan metode kuesioner. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini , diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh hasil sebanyak 62 responden pengguna ojek online Grab. Metode analisa data menggunakan uji regresi berganda. Penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pada variabel promosi dan kualitas pelayanan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan. Hasil tersebut ditunjukkan dengan hasil uji regresi berganda yang hasilnya menunjukkan nilai Variabel Promosi 0,315 dan variabel Kualitas Pelayanan 0,174. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,352 sama dengan 35,2 persen yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh diantara Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan adalah sebesar 35,2 persen dan 64,8 persen dipengaruhi dari faktor yang lain.