PENGARUH INOVASI PRODUK DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan variabel bebas yakni Inovasi Produk (X1) dan Celebrity Endorser (X2) dan variabel yang tertaut yaitu Keputusan Pembelian (Y). Metode dalam mengumpulkan data memakai sebaran kuesioner dengan online dan offline kepada 97 responden dengan purposive sampling. Teknik analisa data yang dipakai yaitu uji analisa deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwasanya kedua variabel yaitu Inovasi Produk (X1) juga Celebrity Endorser (X2) baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan pada Keputusan Pembelian (Y). Kontribusi kedua variabel bebas yang digunakan, mempengaruhi variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian adalah sebesar 56,1 persen dan sisanya sebesar 43,9 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas lebih lanjut dalam penelitian ini. Dengan adanya nilai terbesar pada indikator pengembangan kualitas produk yang ada pada variabel Inovasi Produk, serta kepribadian baik pada variabel Celebrity Endorser. Maka, Erigo dan beberapa perusahaan yang bergerak di sektor industri fashion, diharapkan terus melakukan pengembangan terhadap kualitasnya, serta menggunakan Celebrity sebagai Endorser agar dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian para target pasar yang dituju.