PEMBUATAN MEDIA IKLAN BERBASIS VIDEO MENGGUNAKAN SONY VEGAS PRO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA UMKM CNP FRESH MARKET BLITAR

Authors

  • Septina Ekanawanti Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Joni Dwi Pribadi Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.429

Keywords:

Video, Iklan, Minat Beli, Sony Vegas Pro, CNP Fresh Market

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dengan cara menambahkan media iklan berupa video iklan menggunakan Sony Vegas Pro. Penelitian merupakan penelitian tindakan dan penelitian survei dengan jumlah responden adalah 30 orang. Pengukuran desain menggunakan metode EPIC, sedangkan pengukuran minat beli menggunakan metode AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) dan, analisis data menggunakan analisa regresi linier sederhana dengan software SPSS for windows. Hasil penyebaran kuesioner pada penelitian ini diketahui bahwa video iklan sangat efektif dan mampu untuk meningkatkan minat beli pada UMKM CNP Fresh Market. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan EPIC Rate 4,45 yang termasuk dalam kategori Sangat Efektif dan AIDA dengan tiap dimensi attention 83 persen, dimensi interest 83,78 persen, dimensi desire 80 persen dan dimensi action 84 persen yang  termasuk  kategori Istimewa. Untuk hasil dari analisis koefisien korelasi antara variabel iklan (X) dan minat beli (Y) menunjukkan nilai 0,684 dengan signifikansi 0,000 yang berarti berarti bahwa ada korelasi positif antara iklan dengan minat beli. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan video iklan CNP Fresh Market dikatakan efektif dan layak digunakan sehingga usaha ini dapat lebih dikenal dan dapat meningkatkan minat beli dan hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Ekanawanti , S. ., & Pribadi, J. D. . (2022). PEMBUATAN MEDIA IKLAN BERBASIS VIDEO MENGGUNAKAN SONY VEGAS PRO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA UMKM CNP FRESH MARKET BLITAR. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 97–102. https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.429

Issue

Section

Articles