PENGARUH GAYA HIDUP, KELOMPOK ACUAN DAN CITERA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE
Keywords:
gaya hidup, kelompok acuan, citra merek, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kelompok acuan dan citra merek terhadap keputusan pembelian iPhone pada mahasiswa Program studi D4 Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan gaya hidup, kelompok acuan, citra merek, dan keputusan pembelian sebagai variabel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dan dengan teknik random sampling diperoleh 53 responden. Hasil regresi linier berganda menunjukkan Y = 19,889 + 0,231X1 + 0,338X2 + 0,385X3 dengan nilai Adjusted R Square 0,459 sehingga Pengaruh gaya hidup, kelompok acuan dan citra merek terhadap keputusan pembelian iPhone sebesar 45,9% sedangkan 54,1% di pengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.