PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MAARIF SPORT BANYUWANGI

Main Article Content

M. Iqbal Fatony
Ita Rifiani Permatasari

Abstract

Dunia bisnis menghadapi perkembangan yang pesat seiring dengan kemajuan zaman. Industri pakaian jadi menjadi usaha yang tidak pernah surut di Indonesia. Fakta itu dapat dilihat dari semakin banyaknya usaha pakaian jadi atau konveksi yang bermunculan. Loyalitas Pelanggan menjadi hal yang sangat penting pada bisnis konveksi. Maarif Sport Banyuwangi sebagai salah satu usaha konveksi berupaya untuk menambah Loyalitas Pelanggan melalui strategi Relationship Marketing dan Customer Satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk menganailisi pengaruh Relationship Marketing dan Customer Satisfaction terhadap Loyalitas Pelanggan Maarif Sport Banyuwangi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis statistik. Data penelitian ini diakumulasikan dengan penyebaran kuesioner kepada 85 responden. Adapun responden dalam penelitian ini yaitu pelanggan Maarif Sport Banyuwangi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini memakai purposive sampling, teknik mengumpulkan data dengan observasi dan kuesioner. Data dianalisa menggunakan regresi linear berganda dan uji t serta Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya realtionship marketing dan customer satisfaction berdampak akan loyalitas pelanggan. Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan melalui penerapan relationship marketing dan tingkat customer satisfaction yang baik.

Article Details

How to Cite
Fatony, M. I., & Permatasari, I. R. (2024). PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MAARIF SPORT BANYUWANGI. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 8–13. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.1684
Section
Articles