PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK NASA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Main Article Content

Almujitahid
Ita Rifiani Permatasari

Abstract

Sejak 1 juni 2022 pemerintah Republik Indonesia secara resmi mencabut subsidi pada beberapa jenis pupuk subsidi yang diantaranya adalah pupuk organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian produk NASA di kecamatan Batukliang kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu Word of Mouth (X1) dan Brand Image (X2) dan variabel dependen menggunakan Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan google form dan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 90 responden diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Word of Mouth berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Brand Image berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Word of Mouth dan Brand Image berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan besar pengaruh Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 45,5 persen. PT. Natural Nusantara kedepannya disarankan lebih maksimal lagi untuk mendorong konsumen agar mereka mau menggunakan produk yang ditawarkan dan harga produk yang ditawarkan lebih terjangkau.

Article Details

How to Cite
Almujitahid, A., & Permatasari, I. R. (2024). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK NASA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 127–135. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.4135
Section
Articles