PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI DENGAN PEMBUATAN BROSUR ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI CORELDRAW X7 PADA PT BPR BKK KARANGMALANG (PERSERODA)
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media promosi dengan pembuatan brosur elektronik agar penyebaran brosur lebih efektif dan efisien. Metode penelitian tindakan digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian tindakan terdiri dari sejumlah prosedur studi termasuk persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner adalah empat pendekatan utama yang membentuk proses pengumpulan data. Ada total 15 responden, yang meliputi satu ahli dalam bidang pengelolaan perangkat keras dan perangkat
lunak dari perusahaan, dua ahli pemasaran, dua ahli komputer untuk pemasaran, dan sepuluh nasabah. Penelitian ini menggunakan metode EPIC untuk mengukur efektivitas desain (Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication). Hasil penelitian ini melalui 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan nilai EPIC Rate sebesar 4,48. Hal ini menunjukkan bahwa responden setuju bahwa brosur elektronik dapat dikatakan sangat efektif dan layak untuk digunakan sebagai media promosi di PT BPR BKK Karangmalang (Perseroda). Kesimpulan dari penelitian ini adalah brosur elektronik dapat dikatakan sangat efektif dan layak untuk digunakan dalam membantu mengembangkan media promosi di PT BPR BKK Karangmalang (Perseroda) dan menjadi alternatif media promosi. Diharapkan PT BPR BKK Karangmalang (Perseroda) dapat melanjutkan pembuatan brosur elektronik yang diunggah pada sosial media Instagram dan WhatsApp dan memperbarui informasi secara rutin agar dapat menarik nasabah.