PEMBUATAN MEDIA PROMOSI E-CATALOGUE DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA KOPI TAJI LERENG BROMO MALANG
Main Article Content
Abstract
Media promosi yang digunakan kurang efektif, karena sangat terbatas dan belum bisa menjelaskan secara detail mengenai varian produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan media promosi melalui pembuatan desain e-catalogue di Instagram Kedai Kopi Taji Lereng Bromo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian action research. Indikator EPIC digunakan untuk mengukur efektivitas desain dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan beberapa unit analisis yaitu ahli komputer, ahli pemasaran, pemilik usaha, dan konsumen Kopi Taji Lereng Bromo Malang. Penelitian ini dilakukan dengan melalui 2 siklus. Pada siklus kedua ini, didapatkan skor rata-rata sebesar 4,63. Hal ini menunjukkan bahwa desain e-catalogue sudah efektif digunakan sebagai media promosi di Instagram. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dikatakan efektif untuk digunakan sebagai media promosi dan diharapkan dapat diimplementasikan sebagai media promosi tambahan untuk meningkatkan minat beli konsumen pada Kedai Kopi Taji Malang. Disarankan agar e-catalogue yang telah disusun dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mendukung upaya promosi di Kedai Kopi Taji Lereng Bromo Malang.