PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA

Main Article Content

Tantri Dwi Valenti
Rena Feri Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador dan social media advertising terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner yang diberikan kepada 128 responden pengguna aplikasi dan pernah melakukan transaksi pada e-commerce Tokopedia. Responden dipilih dengan metode proportionate stratified random sampling. Metode analisa data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji t (parsial), uji F (simultan), dan asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa brand ambassador dan social media advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Melalui penelitian ini diharapkan Tokopedia dapat meningkatkan dan memelihara kerja sama dengan agensi brand ambassador saat ini, meningkatkan kualitas iklan dengan menonjolkan preferensi merek dan mengubah persepsi pembeli, menyiapkan promo atau diskon pada akhir pekan untuk meningkatkan penjualan.

Article Details

How to Cite
Valenti, T. D. ., & Wijayanti, R. F. . (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 37–42. https://doi.org/10.33795/jab.v8i1.419
Section
Articles