PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SHOPEE DI KOTA MALANG

Main Article Content

Fanuel Meliano Emasno
Rena Feri Wijayanti

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan Loyalitas konsumen sebagai variabel dependen dan variabel Kepercayaan dan Kepuasan sebagai variabel independen. Dalam penelitian ini teknik pengambilan data melali media kuesioner yang diberikan kepada 100 orang responden dengan teknik nonprobability sampling dan sampling purposive. Untuk analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisa statistik deskriptif, uji validitas, koefisien determinasi, uji hipotesis, uji reliabilitas, dan analisis regresi berganda. Hasil analisis koefisien determinasi Adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,207. Hal ini menunjukan bahwa kontribusi variabel bebas terhadap Loyalitas Konsumen adalah sebesar 20,7 persen dan sisanya 79,3 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini juga diketahui hasil uji hipotesis parsial dari masing-masing variabel Kepercayaan dan Kepuasan dinyatakan positif dan signifikan. Serta hasil uji simultan dalam penelitian ini menunjukan Kepercayaan dan Kepuasan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas konsumen. Bersumber pada hasil penelitian yang sudah dianalisis dapat diambil kesimpulan bahwa variabel Kepercayaan dan Kepuasan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen Shopee di Kota Malang.

Article Details

How to Cite
Emasno, F. M. ., & Wijayanti, R. F. . (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SHOPEE DI KOTA MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 211–216. https://doi.org/10.33795/jab.v8i2.449
Section
Articles