PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK SOMETHINC

Main Article Content

Nabila Pooja Nurcholisa
Asminah Rachmi

Abstract

Perkembangan teknologi membuat persaingan yang ketat dalam berbisnis, salah satunya pada industri kosmetik. Perkembangan teknologi ini membuat setiap pelaku usaha harus dapat meningkatkan strategi digitalnya termasuk melalui social media marketing dan electronic word of mouth agar dapat memunculkan minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan electronic word of mouth terhadap minat beli pada produk Somethinc. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Populasinya adalah mahasiswa aktif Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang, yang didapatkan sampel sejumlah 90 orang. Teknik sampling menggunakan probability sampling pada kategori simple random sampling. Analisa data menggunakan analisa regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan electronic word of mouth secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Kemampuan kedua variabel tersebut dalam menjelaskan variabel minat beli adalah sebesar 0,556 atau 55,6 persen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Somethinc dapat terus meningkatkan social media marketing mereka melalui Instagram serta terus menciptakan electronic word of mouth yang positif agar dapat memunculkan minat beli terhadap produk Somethinc.

Article Details

How to Cite
Nurcholisa, N. P., & Rachmi, A. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK SOMETHINC. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(2), 260–267. https://doi.org/10.33795/jab.v9i2.4283
Section
Articles