PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BISKUIT SANDWICH OREO X BLACKPINK

Main Article Content

Wafiq Iffatul Ulaa
Asminah Rachmi
Mohammad Maskan

Abstract

Studi ini menguji bagaimana brand ambassador dan social media marketing instagram mempengaruhi  keputusan pembelian pada pembeli Oreo Jawa Timur. Penelitian ini memakai metodologi kuantitatif, yaitu dengan mengumpulkan data, menyebarluaskan kepada 100 responden menggunakan strategi purposive sampling. Analisa data regresi linear berganda dan uji hipotesis adalah teknik analisis yang digunakan. Hasil temuan membuktikan bahwasanya : (1) Variabel brand ambassador berdampak positif parsial terhadap variabel keputusan pembelian. (2) Variabel social media marketing instagram berpengaruh positif parsial terhadap variabel keputusan pembelian. (3) Hasil uji F menemukan brand ambassador dan social media marketing instagram berdampak positif mengenai keputusan pembelian. (4) Kontribusi brand ambassador dan social media marketing menghasilkan 58,1 persen terhadap keputusan pembelian. Dari penelitian ini, Oreo diharapkan dapat mempertahankan atau lebih meningkatkan penjualannya melalui brand ambassador agar dapat mengikuti perkembangan pasar serta dapat menarik konsumen untuk membeli. Dalam menjangkau konsumen, social media marketing merupakan peran penting dalam mempromosikan produk dan meyakinkan konsumen terhadap Oreo.

Article Details

How to Cite
Iffatul Ulaa, W., Rachmi, A., & Maskan, M. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BISKUIT SANDWICH OREO X BLACKPINK . Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(2), 334–340. https://doi.org/10.33795/jab.v10i2.4384
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)