PENGARUH IKLAN DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKOPEDIA
Main Article Content
Abstract
Menguji bagaimana iklan dan brand ambassador mempengaruhi konsumen untuk membeli di Tokopedia adalah tujuan dari penelitian berikut. Studi ini memakai metodologi kuantitatif juga memakai cara untuk mengumpulkan data melalui survey kuesioner dan observasi. Strategi purposive sampling dipakai guna menunjuk 100 responden untuk menjadi sampel. Analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis merupakan teknik analisis data yang digunakan. Menurut temuan penelitian ini, terdapat beberapa poin penting yaitu: (1) Dengan t hitung sebesar 2,596 dan tingkat signifikansi 0,011, iklan (X1) berpengaruh baik dan signifikan pada putusan pembelian. (2) Dengan t hitung sebesar 1,221 dan capaian signifikansi sebesar 0,225, Brand Ambassador (X2) tak berefek dan signifikan pada proses pembelian. (3) Iklan juga Brand Ambassador berkolaborasi untuk berperan besar pada keputusan pembelian dengan F hitung 9,423 dan pengaruhnya sebesar 0,000. (4) Iklan dan brand ambassador memiliki kontribusi pengaruh sebesar 14,5 persen pada keputusan pembelian (adjusted R2).